Senin, 23 Februari 2015


Cara Mencegah dan Menghindari Berbagai Jenis Jerawat

Cara Mencegah dan Menghindari Berbagai Jenis Jerawat. Jerawat adalah peradangan yang disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori kulit dengan kotoran. Minyak yang dihasilkan oleh kelenjar bawah kulit kita bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri. Adanya kotoran di wajah menyebabkan minyak berlebih tersebut tidak bisa keluar dengan lancar sehingga timbullah jerawat.
Ada beberapa jenis jerawat antara lain jerawat batu, jerawat biasa dan komedo. Jerawat tidak hanya menyerang wajah, tetapi jerawat bisa juga menyerang bagian tubuh lain seperti di bagian punggung, lengan atas dan dada. Ketika sel-sel kulit mati bercampur dengan debu atau kotoran, maka akan membentuk penyumbatan yang menjadi bintik hitam atau putih.

Penyebab Timbulnya Jerawat

cara-mencegah-jerawatApa sebenarnya penyebab timbulnya jerawat itu? Jerawat bisa muncul karena berbagai sebab. Salah satunya adalah kesalahan dalam memilih kosmetik. Tampil cantik dengan produk kosmetik memang sangat membanggakan. Banyak produk kosmetik yang dapat dibeli dengan berbagai jenis dan merk. Namun anda perlu hati-hati dalam memilih produk kosmetik.
Menggunakan produk kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit wajah Anda bisa menimbulkan masalah, seperti kulit wajah memerah, rusak, timbul komedo dan jerawat. Jadi pastikan memilih produk kosmetik yang aman dan cocok dengan jenis kulit wajah Anda. Sebelum tidur biasakan untuk mencuci muka dengan benar agar sisa kosmetik yang menutupi lubang pori-pori di wajah hilang dengan sempurna.

Makanan Penyebab Jerawat

Selain kotoran dan kosmetik, makanan pun bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat. Bagi sebagian orang dengan jenis kulit sensitif, makanan dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat, namun jika jenis kulitnya normal mungkin tidak akan terlalu berpengaruh. Jika anda memiliki kulit yang sensitif terhadap suatu jenis makanan, maka anda harus menghindari makanan ini agar jerawat anda tidak semakin parah.
Pengaturan pola makan menjadi sesuatu yang penting untuk dilakukan agar anda terhindar dari jerawat. Makanan penyebab jerawat cukup banyak macamnya, mungkin salah satunya adalah makanan kegemaran anda. Jika memang benar, anda harus mulai menghapusnya dari daftar menu makan anda sehari-hari untuk mencegah jerawat datang kembali ke wajah anda.
Makanan memang sangat penting bagi tubuh kita, dengan asupan makanan tubuh kita akan mendapatkan energi. Namun beberapa diantaranya dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat menyebabkan jerawat antara lain coklat, kacang dan produk turunannya, minuman bersoda, gula, susu, makanan asin, makanan pedas, serta makanan yang banyak mengandung minyak seperti gorengan.
Daging yang mengandung protein sangat tinggi juga menjadi salah satu makanan pemicu timbulnya jerawat. Semua jenis makanan tersebut dipercaya dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat di wajah sehingga harus dihindari. Mulailah untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan serta banyak-banyak minum air putih. Banyak minum air putih akan melancarkan metabolisme dalam tubuh sehingga proses pembuangan kotoran dari tubuh menjadi lancar.

Cara Menghindari Jerawat

Menghindari jerawat perlu perawatan kulit wajah secara teratur. Kulit wajah harus selalu bersih saat istirahat di rumah. Usahakan untuk membebaskan kulit wajah dari kosmetik agar pori-pori dapat bernafas dengan bebas. Jangan mencoba menghilangkan jerawat di wajah dengan memencet menggunakan tangan. Tangan yang kotor adalah sumber kuman dan bakteri yang akan memperburuk kondisi jerawat anda.
Cara menghindari jerawat yang paling mudah adalah dengan berolahraga yang bisa menguras keringat. Jogging, bersepeda, atau senam tentu akan membuat tubuh anda banyak mengeluarkan keringat. Keringat akan membawa racun dan sisa-sisa kotoran keluar dari tubuh. Stress karena banyak pekerjaan atau masalah lain juga harus dihindari karena hal tersebut juga bisa menumbuhkan jerawat di wajah anda.
Jerawat memang menyebalkan tapi cara mencegah jerawat tidaklah terlalu sulit asal dilakukan dengan cara yang benar. Jerawat bukan penyakit yang mematikan, tetapi kadang rasa minder akan datang bersamaan dengan hadirnya jerawat. Rasa kurang percaya diri yang datang bersama jerawat membuat kita malu melakukan apapun, pastinya kegiatan atau pekerjaan kita akan terganggu. Penampilan yang sempurna akan terganggu karena sebuah titik merah bernama jerawat. Jadi cara mencegah jerawat di atas patut anda coba agar kepercayaan diri anda tetap tinggi dan kembali beraktivitas dengan lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar