Senin, 23 Februari 2015


Disunting oleh ID_fsusanto, InterwikiBot
Memelihara seekor monyet merupakan tantangan besar, mereka bisa menjadi teman yang lucu. Memelihara monyet memerlukan banyak waktu, uang dan kesabaran, dan akan menjadi komitmen besar yang akan pernah Anda buat. Jika Anda adalah orang spesial yang bisa memelihara monyet, mulailah dengan riset mengenai jenis apa yang cocok. Sediakan kandang yang bagus dan dilengkapi mainan, dan siapkan banyak waktu untuk main dengan mereka agar mereka merasa nyaman. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai apa saja yang diperlukan, lihatlah Langkah 1.
Iklan

Bagian 1 dari 3: Persiapan Membawa Monyet ke Rumah

  1. Take Care of a Monkey Step 1 Version 2.jpg
    1
    Riset spesies monyet. Monyet merupakan ordo primata, dan dibagi lagi menjadi dua yakni Primata Dunia Baru (lebih kecil, monyet dari Amerika Selatan) dan Primata Dunia Lama (ukuran lebih besar, monyet dari Asia dan Afrika). Setiap jenis monyet memiliki karakteristik unik. Bacalah buku, berbicaralah dengan mereka yang memelihara monyet, dan cari tahulah segala sesuatu tentang monyet.
    • Monyet squirrel, monyet capuchins, monyet laba-laba (spiders), dan beruk (macaques) adalah jenis-jenis monyet yang biasa dipelihara. Beberapa lebih mudah bersosialisasi, dan yang lainnya bisa jadi gugup. Monyet-monyet ini memiliki kebutuhan yang sama secara umum, namun monyet besar biasanya memerlukan kandang yang lebih besar.
    • Kera seperti simpanse dan orangutan tidak boleh diperlihara. Mereka lebih kuat dari manusia dan bisa menjadi berbahaya dalam situasi tertentu.
    Iklan
  2. Take Care of a Monkey Step 2 Version 2.jpg
    2
    Bersiaplah pada komitmen besar. Memelihara monyet sama saja besar komitmennya dengan memutuskan untuk memiliki anak. Monyet memerlukan perhatian sepanjang hari, setiap hari, tidak seperti kucing dan anjing, monyet tidak bisa ditinggal di rumah beberapa hari. Begitu monyet sudah terikat dengan Anda, ia ingin mengikuti Anda kemanapun Anda pergi, dan jika Anda coba untuk meninggalkannya sendiri maka ia bisa bosan, depresi, dan agresif. Monyet bisa hidup 20-40 tahun, jadi memeliharanya berarti komitmen besar karena harus memenuhi kebutuhannya selama itu. Sebelum Anda memutuskan untuk memelihara monyet, ketahuilah fakta berikut mengenai kebutuhan monyet:
    • Monyet bisa menjadi agresif. Ketika monyet masih bayi, mereka akan ketergantungan dan lucu, seperti bayi manusia. Namun ketika mereka sudah di umur dewasa, biasanya 3 atau 4 tahun, tingkah laku mereka tidak bisa diprediksi. Monyet adalah binatang liar, tidak seperti kucing dan anjing, mereka belum bersosialisasi dengan manusia selama ribuan tahun. Bahkan seekor monyet yang sudah berhubungan dengan manusia sejak bayipun masih bisa menggigit dan menyerang pemilliknya atau menjadi sulit dipelihara ketika dewasa.
    • Monyet tidak bisa ditinggal sendiri. Mereka harus diperhatikan dan diurus secara konstan, atau mereka bisa menyakiti diri sendiri atau orang lain. Dan karena mereka biasanya terikat dengan satu orang, sangat sulit bagi orang yang memelihara monyet untuk mendapatkan waktu senggang.
    • Monyet bisa jadi menghalangi Anda dari hubungan yang Anda inginkan. Monyet hanya mau terikat dengan beberapa orang. Memelihara monyet bisa jadi menghalangin Anda untuk lebih dekat dengan beberapa orang yang tidak disukai oleh monyet Anda. Monyet tidak bisa akrab dengan anak-anak, jadi memelihara monyet bisa menghalangi Anda dari membangun sebuah keluarga.
    • Jika Anda adalah orang yang unik dengan temperamen yang baik dan disiplin maka memelihara monyet bisa menghabiskan seluruh hidup Anda karena Anda harus menjaga mereka, namun Anda akan mendapatkan pengalaman luar biasa. Monyet sangat pintar, menghibur, dan terkadang sangat penyayang. Banyak orang yang menghabiskan hidupnya dengan monyet menghadapi tantangan yang tidak akan bisa didapatkan jika memelihara binatang lain.
  3. Take Care of a Monkey Step 3 Version 2.jpg
    3
    Ada beberapa negara yang menganggap memelihara monyet adalah ilegal, dan ada beberapa negara yang menjerat hukum jika Anda memelihara monyet. Untuk alasan ini, biasanya akan sedikit sulit untuk ke negara tertentu jika Anda membawa monyet. Hal ini juga ilegal jika Anda membawa monyet ke Amerika Serikat, jadi Anda tidak bisa jalan-jalan ke luar negeri dengan monyet dan membawa mereka pulang (jika rumah Anda di Amerika Serikat).
    • Beberapa negara mengizinkan Anda memelihara monyet, namun ada beberapa peraturan ketat yang harus ditaati.
    • Peraturan dalam memelihara monyet berbeda antar negara di luar Amerika Serikat. Lihatlah hukum yang berlaku dan perhatikan apakah ada larangan mengenai binatang yang boleh Anda pelihara.
  4. Take Care of a Monkey Step 4 Version 2.jpg
    4
    Temukan penjual yang memiliki reputasi bagus. Begitu Anda memutuskan ingin memelihara monyet, lakukan riset untuk mencari penjual dengan reputasi baik dan bisa dipercaya. Mereka harus memiliki nomor izin USDA, yang diperlukan bagi semua penjual di Amerika Serikat.
    • Tanyakan pada penjual mengenai kontak orang yang pernah membeli monyet dengan mereka. Melalui cara ini, Anda bisa mengecek kesehatan dan tingkah laku monyet.[1]
    • Monyet tua biasanya lebih murah, namun lebih sulit dipelihara. Harga segala jenis spesies monyet biasanya di atas 1.000 dollar, namun khusus untuk bayi monyet squirrel bisa berharga 8.000 dollar.
    • Sebelum Anda membilinya, kunjungi monyet yang akan Anda beli, pastikan Anda memiliki klik dan yakin bisa hidup dengannya.
    • Jangan pernah membeli monyet di luar negeri. Membawa monyet dari luar ke dalam Amerika Serikat terhitung ilegal.
  5. Take Care of a Monkey Step 5 Version 2.jpg
    5
    Temukan dokter hewan khusus hewan eksotis (hewan yang tidak umum dipelihara). Sebelum Anda memelihara monyet, penting sekali untuk menemui dokter hewan khusus binatang eksotis. Dokter hewan biasa tidak memiliki pengetahuan dan peralatan yang dibutuhkan untuk memelihara seekor monyet. Monyet bisa terkena penyakit yang sama seperti manusia, sesering manusia, jadi bisa saja monyet sakit terus menerus. Dokter hewan khusus ini bisa menjadi sumber yang bagus jika Anda ingin menanyakan berbagai macam kebutuhan dan perilaku monyet.[2]

Bagian 2 dari 3: Menyediakan Makanan dan Kandang

  1. Take Care of a Monkey Step 6 Version 2.jpg
    1
    Bangun atau belilah kandang monyet. Monyet Anda mungkin akan menghabiskan banyak waktu di kandangnya, tapi ia juga butuh tempat untuk bermain saat malam dan terutama ketika Anda tidak bisa bermain dengannya. Kandang monyet harus agak lebih besar, semakin besar semakin baik. .[3] Monyet memerlukan ruang yang besar untuk berlari dan bermain, terutama ketika ia sudah berada di kandang selama 1-2 jam. Jika kandangnya terlalu kecil, monyet biasanya lebih nakal dan agresif.
    • Anda bisa membeli kandang monyet, namun kebanyakan orang membangun sendiri kandangnya sesuai kebutuhan monyet. Tiang kayu atau besi serta pagar rantai bisa menjadi bahan yang bagus untuk membangun kandang monyet. Mungkin Anda juga perlu membangun dua kandang, satu di dalam ruangan dan satu lagi di luar ruangan, atau membangun kandang yang dekat dengan pintu dan menghadap ke luar.
    • Pastikan untuk menaati peraturan Negara mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan kandang monyet. Pada beberapa kasus biasanya peraturan bisa berbeda menurut jenis monyet yang Anda pelihara.
    • Monyet sangat suka memanjat, jadi sediakan kandang yang tinggi. Tambahkan cabang-cabang pohon, tali yang bergelantungan, dan lainnya yang memungkinkan monyet Anda untuk memanjat ke sana kemari.
  2. Take Care of a Monkey Step 7.jpg
    2
    Lindungi rumah Anda. Kebanyakan pemilik monyet mengizinkan monyetnya untuk bermain di rumah, tidak hanya di kandang. Monyet memiliki sifat ingin tahu, binatang pintar bias anya memilliki rasa ingin tahu yang tinggi, jadi Anda harus menyingkirkan barang yang bisa mengakibatkan bahaya. Karena monyet juga suka melompat, maka rumah harus dibuat lebih aman.
    • Jangan biarkan monyet memiliki akses untuk bermain dengan kabel. Jauhkan semua benda elektronik.
    • Money bisa merobek tirai, atau memecahkan lampu dan furnitur. Jauhkan benda-benda yang tidak ingin dirusak monyet.
    • Anda harus menyiapkan ruangan khusus monyet, di situ monyet bisa bermain tanpa batas. Ingatlah bahwa monyet bisa membuka pintu dan jendela, jadi jika Anda berencana meletakkan monyet di sana tanpa dijaga, pastikan ruangan tersebut aman seperti kandang, dan disertai gembok dan jaring besi pada jendela.
  3. Take Care of a Monkey Step 8.jpg
    3
    Jaga area monyet agar tetap bersih. Monyet bisa membersihkan dirinya sendiri, namun mereka pasti akan mengotori tempat manapun. Cukup sulit untuk melatih mereka, karena monyet suka semaunya sendiri. Beberapa orang bahkan mengenakan popok pada bayi monyet, namun hal ini tidak mungkin dilakukan pada monyet dewasa. Maka dari itu, Anda harus membersihkan diri untuk menjaga kebersihan di kandang dan rumah.
  4. Take Care of a Monkey Step 9.jpg
    4
    Sediakan air bersih setiap hari. Monyet harus selalu mendapatkan air bersih yang disediakan dalam boto. Anda bisa menggunakan dot. Beberapa monyet mungkin lebih suka minum dari piring, namun ada juga yang suka keduanya. Pastikan mereka memilliki asupan air putih yang cukup.
  5. Take Care of a Monkey Step 10.jpg
    5
    Berikan biskuit, buah, dan sayuran. Biskuit khusus monyet, makanan khusus monyet harus selalu diberikan setiap hari. Biskuit ini memiliki kombinasi vitamin dan mineral yang dibutuhkan monyet. Sebagai tambahan saat menyajikan biskuit, Anda juga bisa memberikan buah-buahan dan sayuran segar atau yang dikukus.[4]
    • Anda juga harus memberikan belalang, cacing, dan ayam rebus (tanpa bumbu), telur rebus, yogurt, nasi, gandum, dan kacang-kacangan.
    • Jangan memberi monyet junk food. Makanan manis, es krim, makanan yang dipanggang, makanan kecil, dan daging mentah.
    • Anda juga harus memberikan suplemen diet dengan vitamin tambahan sesuai dengan jenis monyet Anda. Monyet yang dipelihara di dalam ruangan memerlukan banyak vitamin D karena kekurangan cahaya matahari.

Bagian 3 dari 3: Melatih Monyet

  1. Take Care of a Monkey Step 11.jpg
    1
    Berikan monyet banyak mainan dan stimulasi. Monyet memerlukan banyak stimulasi agar merasa senang. Di kehidupan liar, monyet senang memanjat pohon dan mencari makanan. Berikan stimulasi serupa pada kandang monyet dan di sekitar rumah dengan menyediakan barang-barang yang bisa dimainkan mereka.
    • Cobalah untuk menyembunyikan makanan monyet dalam sebuah kotak dengan lubang kecil sehingga monyet bisa berusaha untuk meraihnya. Monyet akan senang jika diberi rasa penasaran seperti ini.
    • Berikan monyet mainan berbentuk binatang, bola, dan mainan lainnya. Gantilah mainan tersebut sehingga mereka tidak bosan.
  2. Take Care of a Monkey Step 12.jpg
    2
    Bermainlah dengan monyet setiap hari. Monyet adalah binatang yang suka bersosialisasi, ketika mereka ditinggal sendirian mereka bisa merasa sedih. Sisakan beberapa jam dalam sehari dengan monyet agar bisa bermain dengannya. Dalam proses ini, monyet bisa mulai mempercayai Anda dan menaikki tubuh Anda sert memeluk dan mencium Anda.
    • Jika Anda memiliki lebih dari satu monyet, maka tidak perlu terlalu banyak bermain dengannya. Banyak monyet lebih senang jika hidup dengan sesamanya. Jika Anda bisa membeli lebih satu, mereka biasanya senang jika tinggal bersama.
  3. Take Care of a Monkey Step 13.jpg
    3
    Jangan menghukum monyet. Memukul atau meneriaki monyet bisa membuat mereka takut pada Anda. Anda juga tidak bisa mengontrol perilaku mereka. Ingatlah bahwa monyet adalah binatang liar, mereka tidak bisa dilatih melakukan hal yang Anda mau. Menghukum mereka hanya akan membuat hubungan menjadi lebih buruk.
    • Cara terbaik untuk menghadapi sikap negative adalah dengan memastikan bahwa monyet sudah tercukup kebutuhannya. Sudah cukupkah stimulasi dalam sehari? Sudah cukupkah latihannya? Apakah Anda sudah cukup bermain dengannya?
    • Monyet yang takut lebih suka menggigit. Sekali lagi, Anda tidak bisa menghukumnya. Sebagai gantinya, cobalah mengerti suasana hatinya dan belajar untuk meninggalkan mereka jika mereka sedang dalam suasana hati ingin menggigit.
  4. Take Care of a Monkey Step 14.jpg
    4
    Jangan biarkan monyet bermain dengan orang asing. Tidak bagus membawa monyet ke tempat umum atau mengundang orang untuk bermain dengannya. Monyet tidak bisa diprediksi. Monyet Anda can get taken away dalam sekejap jika terjadi sebuah kecelakaan. Jika monyet Anda suka mencakar orang lain, petugas control binatang memiliki hak untuk menangkap dan memberi tes rabies. Ketika binatang eksotis disita, mereka biasanya disuntik mati, karena tidak ada hukum yang mengizinkan mereka untuk dikarantina sementara (seperti anjing dan kucing).
    • Jika Anda harus pergi ke luar kota dan meninggalkan monyet dengan orang lain, pastikan orang tersebut adalah orang yang juga dipercaya oleh monyet. Meninggalkan monyet pada orang asing bisa membuatnya stres dan dampaknya berbahaya.
  5. Take Care of a Monkey Step 15.jpg
    5
    Bersenang-senanglah berkomunikasi dengan monyet Anda. Sebut namanya ketika memberi makan atau menawarkan mainan, sehingga ia bisa mulai mempelajarinya. Ketika ia merespon, berikan ia hadiah dan pujilah. Ajari ia perintah dengan memberi contoh bagaimana melakukannya. Contohnya, ketika Anda mengajarkan kata “menari”, melompatlah dan menari. Ketika ia mengerti, kembali, pujilah dia dan beri hadiah. Iklan

Tips

  • Bawa monyet ke dokter hewan secara teratur dan perhatikan apa yang disampaikan dokter.
  • Monyet sangat penyayang ketika mereka sudah mulai merasa terikat dengan Anda.
  • Ketika Anda membeli monyet pastikan yang resmi dan bukan dari pasar gelap, jadi jangan langsung beli namun bersabarlah dan lihatlah dulu.
  • Ingatlah ketika Anda membawa monyet bersama orang lain, mereka harus merasa aman. Monyet Anda mungkin tidak mau dipengang orang lain, bahkan jika itu adalah teman Anda, mereka akan dianggap sebagi makhluk asing bagi monyet Anda.
  • Banyak orang yang merasa sulit karena ketika monyet masih bayi ukuran mereka kecil, namun ketika sudah dewasa menjadi sangat besar. Tingkah laku monyet sama seperti manusia yang berusia 2 tahun dan tidak akan berubah selama hidupnya. Orang-orang biasanya hanya mauu membeli bayi monyet karena kebanyakan tidak bisa menyediakan kandang yang layak. Selain itu monyet juga tidak mudah akrab dengan orang baru, jadi jika Anda tidak siap memiliki komitmen untuk tinggal bersama monyet dalam kurun waktu 40 tahun ke depan, maka kami sarankan untuk mempertimbangkan jenis binatang lain untuk dipelihara.
  • Jangan memelihara monyet yang kira-kira lebih berat dari Anda. Jika Anda tidak bisa menggendong mereka karena terlalu besar, mereka bisa menendang punggung Anda ketika sudah dewasa.
  • Monyet bukanlah hewan peliharaan yang bisa dipelihara semua orang. Jika Anda pekerja penuh waktu, punya anak, dan sibuk, maka bukan inilah hewan peliharaan yang cocok untuk Anda!
  • Jangan membawa monyet jika mereka sedang galak. Jika Anda punya tamu, masukkan monyet ke dalam kandang dan beri tahu tamu untuk tidak mendekat.
  • Monyet sangat lucu ketika masih muda, namun ketika mereka beranjak dewasa mungkin ada sifat mereka yang tidak Anda suka. Mereka adalah hewan liar seperti kucing dan anjing. Bisa saja Anda harus memelihara satu monyet lagi agar bisa menemani monyet yang pertama.
  • Gunakan sabun yang lembut saat memandikan monyet.
Iklan

Peringatan

  • Berhati-hatilah terkadang jual-beli monyet merupakan bisnis gelap. Orang yang menginginkan bayi monyet bisa membayar ribuan dollar. Bayi tersebut biasanya dicuri dari Ibunya sesaat setelah dilahirkan. Hal ini memberi dampak traumatis baik pada Ibu dan bayi. Setelah Anda mendapatkan bayi monyet, Anda akan mengurus dan merawatnya namun setelah merea dewasa mereka akan mulai bertingkah menyebalkan dan tidak lucu. Monyet hidup 40 tahun jadi apa yang akan terjadi pada mereka jika Anda sudah tidak suka lagi? Anda tidak bisa sembarangan mengembalikannya lagi ke alam liar karena bisa saja mereka tidak bisa bertahan.
  • Ketahui biaya dan hukuman yang dikenakan jika memelihara monyet secara ilegal. Jika Anda memiliki monyet dan tidak ada izin, pergilah ke kebun binatang lokal dan jelaskan bahwa Anda tidak punya izin, sehingga Anda tidak akan didenda.
  • Temui dokter hewan sebelum memelihara monyet, binatang exotic hanya bisa diurus oleh dokter khusus, dan harganya bisa ribuan dollar.
  • Untuk mengurus seekor monyet agar bisa tetap sehat diperlukan biaya ribuan dollar.
  • Anda harus memiliki izin karena ilegal jika memelihara monyet tanpa izin.

Hal yang Anda Butuhkan

  • Makanan
  • Mainan (mainan anjing, mainan burung, dll.)
  • Popok
  • Kandang dengan mainan panjat-memanjat
  • Vitamin yang dibutuhkan monyet

Info Artikel

Suntingan terkini dilaksanakan oleh: ID_fsusanto
Bahasa lain:
Halaman ini telah diakses sebanyak 1.226 kali.
Apakah artikel ini akurat?
Ya Tidak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar